Kimono or Yukata ya??

Terinspirasi dari acara ultah Bukopin ke 40, mari kita bahas sedikit tentang kimono dan yukata. Menurut wikipedia Kimono (着物) adalah pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang). Sedangkan Yukata (浴衣, baju sesudah mandi) adalah jenis kimono yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Dibuat dari kain yang mudah dilewati angin, yukata dipakai agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi malam berendam dengan air panas. Perbedaan lainnya yaitu kimono digunakan untuk acara-acara tertentu, memiliki arti dari jenis tenunan beserta jenis kainnya, terdiri dari beberapa lapisan. Sedangkan yukata, digunakan pada saat santai, dapat digunakan oleh siapapun, dan bahannya tipis. *untuk lebih detailnya baca di wikipedia aja :D

Ceritanya untuk memeriahkan acara ultah Bukopin yang ke 40 dengan tema superhero, DPTI sepakat untuk laki-laki temanya ninja dan perempuan geisha. Untuk laki-laki peralatan seperti samurai, sarung tangan didapat di pasar gembrong (bener ga ya nulisnya), selebihnya seperti kain, kaos hitam, dll didapat di blok M, Slipi Jaya, dan Tanah Abang.

Masalahnya, tinggal bagian perempuannya. Kimono/yukata. Setelah browsing-browsing di dapatlah 1 tempat penyewaan kimono, dengan biaya sewa perhari 200-300 ribu untuk kimono kualitas bagus, sedangkan untuk yukata 85ribu per-hari. Pada saat itu, awalnya kita setuju untuk menyewa, tapi karena acaranya pagi-pagi dan sulit sekali untuk datang pagi ke tempat penyewaan dan harus mengembalikan dengan keadaan sudah bersih (baca : dilaundry) akhirnya sepakat untuk tidak menyewa. Dan ujung-ujungnya beli gaun dengan model menyerupai kimono dan sebagian pinjam pada teman-temannya.

N this is it, anak-anak DPTI pas mau berangkat ke Balai Kartini :D

0 comments:

Posting Komentar

About me

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / JusT α LittLe Spot of Dinar

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger